Total Pageviews

Syarat Pendirian Travel Agent Maupun Sub Agent




1 : SUB-AGENT

1.
Meng-induk ke travel agent yang sudah berdiri.
2.
Sebagai sub-agent tidak perlu deposit ke travel agent induknya.
3.
Sub-agent diwajibkan menyediakan sarana sendiri ( kantor / tempat penjualan, komputer yang online,printer, dan karyawan ).
4.
Seluruh biaya operasional sub-agent ditanggung sendiri oleh sub-agent.
5.
Mendapat acoount turunan ( username turunan ). Account adalah username dan password untuk masuk ke system online suatu maskapai. Username ini tidak bisa dipakai untuk membuat turunan lagi, jadi tidak bisa dikembangkan lagi.
6.
Mendapat komisi dari setiap penjualan tiket dikurangi fee ke agent. Besaran fee ke agent tergantung dari kondisi agentnya. Beberapa travel agent menerapkan net to net, artinya tidak mengambil fee dari sub-agentnya, karena travel agent hanya mendapat keuntungan dari insentif yang diberikan maskapai.
7.
Penjualan tiket sangat tergantung dari kondisi deposit travel agent induknya. Kalau deposit travel induknya habis, maka sub-agent juga tidak bisa jual tiketnya.
8.
Sebagai sub-agent diwajibkan menjaga nama baik dari travel agent induknya.
9.
Segala keluhan yang berhubungan dengan penumpangnya, wajib ditangani oleh sub-agent, dibantu oleh agent nya.

CATATAN :
Modal awal untuk bisa mulai operasional adalah : komputer yang online ( ada jaringan internet ), printer, alamat email, telepon dan mesin fax, serta 1 atau 2 orang karyawan yang mampu mengoperasionalkan system reservasi dan tiketingnya.

2 : TRAVEL AGENT

1.
Mempunyai badan perseroan ( PT )atau( CV ) dengan beberapa legalitas tambahan antara lain : Surat Ijin Pariwisata dan harus memiliki Sertifikat dari asosiasi travel indonesia / ASITA, dan IATA untuk sertifikasi tiket internasional.
2.
Mempunyai sertifikat System Reservation dan Ticketing ( pemilik / pengelola / salah satu karyawannya ).
3.
Travel agent diwajibkan memiliki tempat usaha / kantor, sarana operasional seperti komputer yang sudah online, alamat email dan mesin fax, serta karyawan yang telah mempunyai sertifikat atau minimal sudah menjalani pelatihan system reservasi dan tiketing.
4.
Semua biaya operasional yang ditimbulkan dari kegiatan travel agent adalah ditanggung oleh masing-masing travel agent. Promosi biasanya dibantu oleh maskapai-maskapai dengan support sticker, spanduk, brosur dan sign-box ( pajak iklan ditanggung pihak travel agent ).
5.
Travel Agent diwajibkan deposit ke tiap-tiap maskapai untuk mendapatkan pengangkatan sebagai Trvel Agent resmi, dan mendapat hak menjual tiket-tiket dari maskapai-maskapai yang ada. Saat ini deposit untuk maskapai Garuda Indonesia sebesar minimal Rp 5.000.000,- ; Merpati Nusantara minimal Rp 10.000.000,- ; Batavia Air minimal Rp 15.000.000,- ; Sriwijaya Air minimal Rp 10.000.000,- ; Lion Air minimal Rp 10.000.000,- ; Citilink Garuda minimal Rp 2.000.000,- dan Air Asia deposit minimal Rp 5.000.000,-
6.
Deposit ini bisa dipakai untuk penjualan tiket-tiket secara online, dan otomatis akan mengurangi jumlah depositnya. Sampai minimal deposit tersisa Rp 1.000.000,- travel agent tidak bisa cetak tiket lagi, jadi harus tambah deposit / top-up deposit dulu.
7.
Travel agent akan mendapatkan account atau Master Username yang bisa dibuatkan turunan-turunan untuk sub-agent dibawahnya atau untuk staffnya. Segera setelah travel agent mendapat master account, sudah bisa menjalankan penjualan tiket-tiket maskapai yang bersangkutan.
8.
Kedudukan travel agent bukanlah sebagai cabang dari maskapai, tetapi hanya sebagai rekanan usaha untuk membantu penjualan tiket-tiket dari maskapai bersangkutan.
9.
Travel agent diberi hak untuk membuka cabang / sub-agent seluas-luasnya untuk menunjang penjualan tiketnya.
10.
Keuntungan yang diperoleh sebagai travel agent yang menjualkan tiket-tiket maskapai adalah komisi penjualan penuh ( berkisar antara Rp 5.000,- s/d Rp 120.000,- per tiket tergantung dari harga kelas tiket yang dijual ). Disamping komisi penuh, travel agent berhak mendapat insentif front liner atau insentif bagi staff ticketing dari maskapai sebesar Rp 5.000,- per tiket terbang ( Batavia ; Sriwijaya ; dan Merpati ). Sedangkan Garuda insentifnya tergantung harga kelas yang dijual agent. Untuk Lion mendapat insentif Rp 10.000,- per tiket terbang.
11.
Sebagai travel agent diwajibkan menjaga nama baik dari maskapai.
12.
Segala keluhan yang berhubungan dengan penumpangnya, wajib ditangani oleh travel agent, dibantu oleh maskapai.

CATATAN :
Untuk menjalankan usaha sebagai travel agent dibutuhkan modal awal sekitar :

*
Total deposit ke 7 maskapai tersebut diatas minimal : Rp 57.000.000,-
*
Pengurusan Ijin Pariwisata berkisar : Rp 600.000,- sebagai awal dan berlaku 1 tahun. Selanjutnya perpanjangan Rp 300.000,- per tahun.
*
Pengurusan sertifikat ASITA sebesar : Rp 3.500.000,- ( sudah termasuk iuran anggota selama 3 bulan pertama ), selanjutnya iuran bulanan sebesar Rp 100.000,- per bulan.
*
Tempat usaha / kantor yang memiliki komputer online ( punya jaringan internet ), printer, telepon, mesin fax, dan alamat email.


Peluang Usaha Travel Agent ( Biro Perjalanan )

Awalnya saya tidak bisa menulis dan menungkapkan apa yang sedang berkecamuk dibenak saya. Sudah 2 tahun belakangan ini sejak tahun 2008 banyak gagasan yang terlintas dibenak saya.
Sebagai insan yang berkecimpung didalam dunia pariwisata, saya melihat, mengamati dan merasakan begitu besar desakan akan kebutuhan traveling didalam masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia secara umum. Seiring dengan membaiknya infra struktur diberbagai bidang, pertumbuhan penduduk, dan tentu saja di era globalisasi sekarang ini, semakin mudahnya mendapatkan informasi beserta aksesnya. Maka tidaklah salah pengamatan yang saya lakukan tersebut diatas. Maaf saya tidak bermaksud menyajikan data didalam tulisan ini. Anda bisa mendapatkan data pertumbuhan secara mudah dari berbagai sumber.

Baiklah, saya akan mulai membahas apa dan bagaimana sebenarnya travel agent itu. Ialah satu bentuk usaha yang kegiatannya adalah menyediakan jasa penjualan tiket, jasa penyediaan voucher hotel-hotel, menyediakan / membuat paket-paket wisata baik domestic maupun international. Serta masih ada beberapa travel agent besar yang juga menyediakan jasa pembuatan document perjalalan, dan menyelenggarakan event-event, dan juga sebagai penyelenggara perjalanan Umrah dan Haji. Dan masih cukup luas bidang usaha yang bisa dikelela dari sebuah travel agent ini.
Sebuah travel agent haruslah berbentuk PT dan harus mempunyai Ijin Pariwisata, menjadi anggota asosiasi biro perjalanan Indonesia ( ASITA ) dan sebagai anggota asosiasi perjalanan bersifat internasional ( IATA ). Dan bagi penyelenggara Haji harus memiliki ijin dari AMPHURI ( asosiasi perjalanan Haji Indonesia ).
Disamping itu, untuk bisa beroperasi menjual tiket-tiket baik yang domestic maupun tiket-tiket internasional, sebuah travel agent harus menyetorkan deposit sejumlah uang ke maskapai-maskapai penerbangan.
Dari penjelasan diatas, sudah pastilah untuk memulai usaha travel ini perlu biaya atau modal yang cukup besar. Untuk diketahui saja, bahwa minimal deposit yang disetor untuk satu maskapai domestic adalah sebesar Rp 10.000.000,-.

Jadi.. bagaimana kita bisa memulai usaha travel agent ini dengan modal yang relatif kecil dan terjangkau ?Ok, saya akan paparkan wawasan bagaimana bisa memulai usaha ini dengan modal yang terjangkau.

1.
Dengan kemitraan dengan travel agent yang sudah punya nama besar dan jaringan yang luas. Lazim disebut dengan franchise / waralaba. Modal untuk menjadi franchise adalah berkisar Rp 50.000,- s/d Rp 150.000.000,- sebagai deposit. Dan kompensasinya, sebagai mitra boleh menggunakan nama travel agent tersebut, kemudian mendapat master sign-in untuk tiketingnya ( bisa diperbanyak sendiri sebagai turunan ), dan mengikuti seluruh kebijakan dari travel agent induknya. Keuntungan didapat dari komisi penjualan yang dilakukan oleh mitranya. Harga yang harus dibayar ke travel agent adalah harga net plus agent fee. Wow…. Masih cukup besar modal yang diperlukan ?

1.
Mungkin solusi ini yang bisa dipakai untuk memulai usaha travel agent sebagai awal starting. Yaitu dengan cara meng-induk ke travel agent besar sebagi sub-agent. Dengan posisi sebagai sub-agent, tidaklah diperlukan modal yang besar. Intinya sebagai sub-agent hanya membantu penjualan dari travel agent induknya dan sifatnya bebas, artinya tidak ada perjanjian khusus sebagai franchise. Sub-agent tidak boleh menggunakan nama travel agent induknya, karena memang tidak perlu deposit sejumlah uang kepada travel agent induknya dan tidak diberi hak oleh travel agent induknya. Juga tidak mendapat master sign-in hanya turunannya saja ( tidak bisa diperbanyak sendiri ). Keuntungan bagi sub-agent adalah seluruh komisi penjualan bisa diperoleh oleh sub-agent. Dan sebagai harga yang harus disetor ke travel agent induknya adalah harga net plus agent fee saja. Oleh karena sub-agent tidak perlu menyetor deposit, maka modal untuk memulai usaha ini menjadi lebih terjangkau. Sebagai sub-agent hanya perlu menyediakan legalitas sebagai CV saja. Untuk operasional hanya diperlukan sebuah ruangan, peralatan computer ( untuk online reservasi ), dan jaringan internet saja. Ini sudah bisa dipakai untuk segera memulai usaha sebagai sub-agent travel. Cukup mudah dan murah bukan ?

Akhir kata, saya mengucapkan terimakasih banyak atas perhatian Anda. Dan berharap akan lebih banyak yang berhasil menjalankan usaha ini. Untuk penjelasan mengenai detail teknisnya, silahkan kirim email yang tercantum di blog ini. Good Luck !

Sebagai referensi untuk usaha ini adalah :

*
Pengelola transportasi ( travel antar kota )
*
Penyedia rental mobil
*
Agen PO bus
*
Agen kargo
*
Pengelola warnet
*
Pengelola koperasi
*
Rumah makan / cafe
*
Agen Koran dan majalah
*
Pengelola hotel
*
Pribadi-pribadi yang bisa bekerja dirumah, pribadi yang punya kewenangan untuk pengadaan tiket, voucher hotel atau paket-paket perjalanan.

39 comments:

  1. Saya selama 2 thn ini sdh menjadi sub agen dari satu travel. Saya ingin mengembangkannya menjadi Agen Resmi Tiket maskapai. Dan berencana membuka CV sebagai badan usahanya. Yg saya tanyakan : 1. Apakah badan Usaha bentuk CV sdh bisa jadi agen ? 2. persyaratan apa saja yang harus saya sediakan untuk pengurusan ijin2nya. 3. Apabila persyaratanya sdh selesai bagaimana caranya saya mendaftarkannya ke maskapai yg bersangkuta. Tks. Ardhi Tlg jawabannya di kirim ke email saya sardiansonpurba@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. dedy.jusaf
    saya berencana ingin memulai usaha ticketing, dan ada beberapa portal yang ditawarkan teman kepada saya seperti via indonesia dan citos connection. yang ingin saya tanyakan, salah tidak saya menjual tiket tanpa ada merek dagang seperti cv atau PT. terima kasih atas jawabannya.
    tlg jawabannya di kirim ke email saya : dedy.jusaf@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. saya ingin sekali menjadi sub agent dari satu travel agent. kemana saya harus mendaftar dan apakah harus menjadi CV terlebih dahulu? Dan berapa kira-kira modal yang harus saya siapkan di luar perangkat operasional? Terimaksih sebelumnya.
    Mohon di jawab ke e-mail saya : suharwan_26@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  4. saya sudah menjadi sub agent dari sebuah agent travel. rencana saya mau membuka toko untuk berjualan tiket pesawat dgn status sebagai sub agent. Apakah diperlukan perijinan khusus dari pemerintah atau saya bisa langsung start berjualan tiket tersebut. tolong di jawab ke email saya : wahyueffendi@ymail.com

    ReplyDelete
  5. sy baru bergabung menjadi salah satu sub agent travel , di sana sy hanya dapat fasilitas reservasi tiket pesawat online , kereta api , dan hotel . untuk seluruh domestik dan internasional . namun sy ingin menambah jalur usaha sy , seperti menjadi agen penjual tiket kapal krna posisi tempat sy dekat dengan pelabuhan . dan sy ingin menambah beberapa travel mobil antar kota di jawa timur .
    dan juga saya ingin menambah sendiri bbrpa paket wisata sperti ke bromo , ke karimun jawa dll .
    pertanyaannya apa yg hrus sy lakukan jika sy ingin menambah sendiri jalur2 usaha sperti sy sbutkan d ats , dn apa saja hal yg d perluakn .
    mohon di jawab . ke email sy inayyalzubaidi@ymail.com

    ReplyDelete
  6. Saya selama 1 thn ini sdh menjadi sub agen dari satu travel.yang saya ingin tanyakan
    apakah ada jaminan kalau berbadan usaha CV bisa menjadi agent Resmi ??? terima kasih atas jawabannya.
    tlg jawabannya di kirim ke email saya : aluksteamflyair@ymail.com

    ReplyDelete
  7. Saya berminat sekali menjadi sub agent dari salah satu travel di jakarta. Bagaimanakah caranya? Apakah harus mendaftar menjadi cv terlebih dulu? Dan apakah harus ada ijin dari pemerintah setempat? Mohon details teknisnya. Terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  8. saya sudah hampir 2 tahun menjadi sub agent dari salah satu vendor wholesale tiket, dan sekarang saya mencoba berdiri sendiri dengan menggunakan CV, karna dari persyaratan yg saya lihat, CV juga dapat menjadi agent resmi suatu maskapai dan memiliki sign in serta turunannya sendiri...apabila sudah semua maskapai saya bisa mandiri baru saya lepas keanggotaan dari agent besar tersebut...

    yang ingin saya tanyakan, apakah keanggotaan Asosiasi memang diperlukan? karna menurut beberapa sumber ada yg menyebutkan tidak ada kejelasan dari dana abadi yg kita tanamkan kepada Asosiasi, padahal dana tersebut jumlahnya sangat besar...dan apakah pernah ada kasus kepailitan suatu maskapai yg berakibat kerugian agent yang diselesaikan oleh Asosiasi tersebut? kita tidak masalah untuk menjadi salah satu anggota dari Asosiasi, asalkan dari asosiasi tersebut juga memberikan dampak positif kepada seluruh anggotanya..

    ReplyDelete
  9. Salam Kenal...!!!
    Saya punya niat bikin usaha sub agen travel cuman lagi bingung mau bergabung ke travel agent yang mana soalnya banyak sekali travel agent yang menawarkan untuk jadi sub agen apa ada reverensi travel agent yang terpercaya mohon dibalas di E-mailku ido.lawa@yahoo.co.id...!! Thank's

    ReplyDelete
  10. Terima kasih atas informasi di atas. Saya bermaksud membuka usaha travel sebagai sub-agent. Apa bisa menjadi sub-agent dari travel yang di Jakarta sementara lokasi saya di Tondano, Sulawesi Utara. Mohon infonya dan kalau bisa nama-nama travel-agent yang bisa memberikan kesempatan kepada saya. Terima kasih. e-mail: leidydlw@gmail.com

    ReplyDelete
  11. menarik sekali bisnis ini, dengan menjadi sub agent kita sudah bisa menjalankan bisnis ini, tapi ada refrensi ga buat agency mana yang terpercaya, dan cepat tanggap atas segala komplain yang ada? kalo ada info tolong email saya di ridwan.fauzi93@gmail.com

    ReplyDelete
  12. aya sudah menjadi sub agent dari sebuah agent travel. rencana saya mau membuka toko untuk berjualan tiket pesawat dgn status sebagai sub agent. Apakah diperlukan perijinan khusus dari pemerintah bila kita membuka su agen di tempat keramaian?,jawabannya kirim ke email saya ya
    fitrialm@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. Salam kenal...

    Terima kasih utk informasinya, saya berniat utk membuka usaha travel agent tapi besar sekali modal yg dibutuhkan (biaya pembuatan PT/CV, deposit ke maskapai2, iuran member ke assosiasi2, dll). Yg ingin saya tanyakan ;
    1. Apakah jika menjadi travel agen harus memiliki PT/CV? Jika hanya Sub agen apakah membutuhkan PT/CV?
    2. Apakah nama PT/CV pariwisata/travel agen tsb dapat juga digunakan utk bidang usaha lain?
    3. Apa harus memberikan deposito ke seluruh maskapai? Bisa pilih beberapa maskapai saja tidak utk memberikan deposit & jual tiketnya (tidak seluruh maskapai)?
    4. Bisa tidak jika travel agen atau sub agen dilakukan (berkantor) dirumah/bukan ruko/sewa perkantoran?
    5. Apakah kita harus bergabung ke assosiasi2 tsb dan apa keuntungannya?

    Mohon jawaban dikirim ke simply_tya13@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. Salam buat semuanya di tanah air.

    Saya hanya heran membaca beberapa questionnare dari teman-teman, mayoritas ingin di balas via japri, kenapa ya? bukankah dengan share information di blog ini akan menambah wawasan kepada yg lainnya? jadi tidak akan ada sepuluh pertanyaan yg sama dengan jawaban yg di perlukan hanya satu.

    Share information lebih berharga. Terima kasih

    Fatnan
    "Kencana Travel"
    Bournemouth-England
    fatnan@hotmail.com

    ReplyDelete
  15. Web basis HTML5 mulai harga Rp.40.000 dan masih banyak paket murah dari kami, free hosting + domain dan garansi design 1 tahun.
    cek promo kami di Micromedia Solution

    Jl. Pucang Anom 6 No.40 - Surabaya
    www.micromedia-solution.com
    support@micromedia-solution.com
    081230340048

    ReplyDelete
  16. Saya selama 6 bulan ini sdh menjadi sub agen dari satu travel. Saya ingin mengembangkannya menjadi Agen Resmi Tiket maskapai. Dan berencana membuka CV sebagai badan usahanya. Yg saya tanyakan : 1. Apakah badan Usaha bentuk CV sdh bisa jadi agen ? 2. persyaratan apa saja yang harus saya sediakan untuk pengurusan ijin2nya. 3. Apabila persyaratanya sdh selesai bagaimana caranya saya mendaftarkannya ke maskapai yg bersangkuta. Tks. Maulitha Tlg jawabannya di kirim ke email saya berjayarantauperapat@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  17. salam kenal!!!!!!!!!!!!
    saya baru mau mulai usaha travel trapi saya disarankan untuk menjadi sub-agent terlebih dahulu.
    kira-kira apa saja yang dibutuhkan ya? selain biaya operasional dan perlengkapan(kantor;komputer,internet,dll).
    mohon penjelasannya di email sy qiu_cn86@yahoo.co.id
    tx alot.

    ReplyDelete
  18. salam kenal.. mohon sarannya.. sekarang saya sedang mencoba mendirikan usaha jasa sewa Bus untuk pariwisata atau mungkin sebagai forwarding yg mencarikan Bus kpd customer untuk digunakan wisata.. mohon sarannya.bagaimana prosedur pertamanya..

    ReplyDelete
  19. salam kenal, !!! saya ingin menjadi sub agent ,
    1. apa saja yang persyartan yang diperlukan ????
    2. adakah perijinan yg harus disiapkan dengan pemerintahan setempat .
    3. berapa kira2 total biaya yang harus dikeluarkan?
    4. haruskah saya memiliki kantor ato bisa menjual dg sistem online ( via web, etc)
    5. apa saja kelebihan dan kekurangan dg menjadi sub agent ??

    mohon penjelasannya ke madematriani@gmail.com
    trims

    ReplyDelete
  20. nice info...

    pertanyaanya sama dengan temen2 diatas... apakah sub agen bisa dijalankan hanya dengan membuat CV saja??/ dan aa apa saja syaratnya???
    Terima Kasih

    mohon saya diberi infonya boleh dikirim ke cheapntravel@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berminat untuk joint travel dengan modal minim silahkan kunjungi ini http://natunatravel.com/join/

      salam sukses untuk semua

      Delete
  21. tolong donk infonya bagaimana cara jd subagent dan apa saja yg harus disiapkan? apakah harus ada badan usaha? dan travel agent mana yg terpercaya? makasih infonya.. tolg diemail ke nheey.na@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. citosconnection mas dana tidak terlalu besar, saya juga di citos

      Delete
    2. Sekedar sedikit perbandingan antara sistem kami dengan Citos : di citos komisi tidak full diterima oleh agen, sedangkan melalui kami komisi agen sebesar 100% ditambah fee 10.000 rupiah utk setiap transaksinya. Di citos ada " hari libur" untuk proses transaksi, sedangkan di sistem kami 24/7 selama 365 hari bisa melakukan transaksi (booking dan issued). Dan yang terakhir, di citos ada biaya bulanan yang dibebankan, walaupun transaksi yang dilakukan agen terhitung banyak atau sedikit. Sedangkan di sistem kami FREE. Tidak ada biaya bulanan atau biaya keanggotaan.

      Delete
    3. Sistem kami itu nama dan nomor telpnya berapa yaaa...saya juga mau join sebagai sub agent

      Delete
    4. bisa di infokan kepada saya link dari via indonesia mohon karena saya tertarik dengan yang di bicarakan
      mohon di kirimkan ke januarbear23@gmail.com

      Delete
    5. Sory mau tanya,apakah benar komisi agent di via 100% ? untuk fee 10.000 sangat mahal gan ..
      bagi Mitra usaha yang ingin buka usaha tour & travel dengan persyaratan mudah dan mendapatkan komisi yang memuaskan bisa check di subagent ezytravel dwidaya aja :)
      Di jamin harga yang di berikan sama dengan masing masing maskpai dan untuk fee juga engga besar dan lebih menariknya Akan mendapatkan kick back insentif sebesar Rp. 2.000/transaksi untuk penjualan diri sendiri.

      Lebih jelasnya lagi bisa email subagent@ezytravel.co.id atau Ym di marketingsubagent@yahoo.com

      *Selamat mencoba,semoga bermanfaat °\(^▿^)/°

      Delete
    6. ikut ke kita aja pak, bapak bisa menjual semua produk kami dengan syarat semua paket kami yang hendle www.natunatravel.com

      Delete
  22. Mohon pencerahan.....
    Saya berniat membuka usaha pelayanan paket tour / wisata, dan saya sudah membuat sebuah CV, walaupun tidak ada embel2 nama tour maupun travel. Sedangkan berdasarkan informasi yg banyak berkembang untuk menjadi sebuah agent perjalanan wisata/tour harus berbadan hukum PT. Yang perlu saya tanyakan :
    1. Apakah saya harus menjadi sub agent sebuah agent travel yg berbadan hukum PT?
    2. Kalo saya menjadi sub agent apakah saya tidak bisa memakai nama CV saya sendiri?
    3. Apakah saya harus melengkapi ijin2 dari pemerintah maupun asosiasi wisata yang telah ada di Indonesia?
    mohon jawabanya di share maupun via email arexpatria@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo ,, aku punya pertanyaan sama dengan anda ,, apa anda sudah dapat jawabannya? soal nama sendiri atau brand sendiri??

      Delete
  23. Saya mohon info...
    Saya tinggal dibali sangat tertarik untuk membuat sebuah travel mengingat banyak sekali teman2 saat ini menjadi tour guide freelance yg mana hasilnya sangat bagus dan beberapa koneksi yg saya punya diluar negeri. Pertanyaannya adalah saya orang yg sangat baru dibidang travel ini jadi mohon infonya kemana dulu saya? Terima kasih
    Tolong info saya ke bali.andy@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berminat untuk joint travel dengan modal minim silahkan kunjungi ini http://natunatravel.com/join/

      salam sukses untuk semua

      Delete
  24. Trims infonya. Saya berminat menjadi tavel agen. Kemana saya harus mendaftar dan mengurus syarat2nya ya pak.. tlg dijawab via email saya ayilatasya@gmail.com trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berminat untuk joint travel dengan modal minim silahkan kunjungi ini http://natunatravel.com/join/

      salam sukses untuk semua

      Delete
  25. Yang berminat untuk joint travel dengan modal minim silahkan kunjungi ini http://natunatravel.com/join/

    salam sukses untuk semua

    ReplyDelete
  26. Halo,
    Saya james spencer, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana untuk Individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email:
    (jamesspencerfinancess@gmail.com)

    ReplyDelete
  27. apa menjadi sub agen harus pake nama induk agen nya? ngak bisa pake brand sendiri?

    ReplyDelete
  28. Mau Buka Agen Tiket Pesawatd dak KAI, kunjungi www.loket-fastpay.com

    ReplyDelete